Wednesday, July 29, 2015

Sumatera Utara Juni 2015


Kali ini saya akan me-review liburan saya ke Sumatera Utara di bulan Juni 2015, selama kurang lebih empat hari. Sumatera Utara merupakan tanah kelahiran Bapak saya (tepatnya di Tano Jawa), dan opung2 saya terdahulu.

Waktu saya masih kecil dan opung dari Bapak masih hidup, saya bisa setahun sekali berkunjung ke Sumater Utara. Entah itu libur Natal ataupun libur sekolah. Terakhir kali saya kesana adalah saat saya bulan madu sama suami, di bulan September 2011.

Sumatera Utara ini, daerahnya cantik dan berkesan. Itulah kenapa saya dan suami memilih daerah ini sebagai tujuan bulan madu, dan tujuan liburan kami bulan kemarin. Untuk waktu-waktu kedepan, daerah ini juga tetap ada di daftar tujuan liburan keluarga kami.

Berikut rincian perjalanan kami:
1. Hari pertama, saya yang sedang hamil enam bulan, suami, dan anak pertama (2 tahun lebih) kami berangkat dari Jakarta (Halim) Ke Medan (Kualanamu) dengan pesawat jam 5.30 pagi. Sengaja kami pilih pesawat pagi supaya kami punya banyak waktu dan tidak tergesa-gesa membagi waktu disana (Ya namanya juga bawa ibu hamil dan anak kecil, jadi harus ekstra perhitungan soal waktu). Sampai di Medan, kami sarapan dulu dibandara lalu lanjut ke Tebing, tempat uda (paman) suami saya tinggal. Sampai Tebing, kami mengunjungi makam opung suami saya, dengan sedikit bumbu petualangan, yaitu melewati jembatan gantung yang tidak ada pengaman di sisi kiri-kanan. Jika angin bertiup dan mengoyang jembatan, maka ada rasa tegang yang dirasakan. Untungnya anak saya anteng saja digendong Bapaknya, mungkin dia punya jiwa petualangan seperti mamanya, hehehe.. Di Tebing ini lagi ada pembangunan jalan, jadi macet sekali. Kami meninggalkan Tebing jam 15.00 menuju Parapat.

Parapat, daerah yang cantik, dimana Danau Toba yang termasyur itu berada. Mendekati Danau Toba, banyak pohon dan monyet dikiri dan kanan jalan. Belum lagi yang paling indah, pemandangan Danau Toba itu sendiri di pinggir jalan. Sungguh ciptaan Tuhan yang begitu besar. Selalu senang dan excited kalau ke sini. Jantung saya rasanya berdebar ingin seger mencelupkan kaki ke air danau...

Kami sampai di Parapat jam 17.45 sore dan langsung check in ke Hotel Atsari, yang kami pilih berdasarkan review yang baik dan jarak yang dekat ke Danau Toba (tinggal jalan kaki). Hotel ini bersih dan baru dibandingkan dengan hotel-hotel lain di wilayah parapat. Kamarnya luas, sarapan pagi cukup menarik, dan staff nya yang sangat cekatan dan ramah. Sesuai untuk harga hotelnya.

Oya ini foto kamar hotel, fasilitas kamar mandi, dan fasilitas kolam renangnya ya..

Gambar 1. Kamar Hotel

















Gambar 2 Kamar Mandi






















Berhubung kami sampainya sudah menjelang malam di Parapat, kami memutuskan untuk berenang di hotel saja, tidak ke Danau. Kolam di Hotel ini lebih cocok untuk anak-anak ya karena tidak dalam. Kolam renangnya bersih dan menyenangkan. Anak saya betah berenang kurang lebih 40 menit (itu juga sudah dipaksa untuk berhenti) walaupun sudah melalui perjalanan panjang seharian.

Gambar 3 Kolam Renang Hotel (Gambar ini diambil sore hari sekitar jam 6 sore. Kalo di Jakarta sudah gelap, tapi disini masih benderang)


Ket: Disamping Kolam Renang itu ada Solubolon Cafe, dengan makanan dan minuman harga terjangkau...













2. Hari kedua, suami, saya, anak saya, dan adik saya, berenang pagi hari di Danau Toba. Udaranya dingin sekali. Anak saya yang mencoba keluar air, pun kembali masuk ke air dan berenang lagi untuk meredam dinginnya udara pagi itu. Pemandangan yang indah, dan suasana kekeluargaan yang gembira. Sungguh suatu liburan yang asyik sekali.

Siang hari, suami, anak, dan adik saya berkunjung ke rumah saudara di ... untuk melakukan ziarah ke makam opung suami (kali ini opung dari pihak mama suami). Saya tidak ikut perjalanan ini, dikarenakan jalan yang buruk dan panjang, dan kondisi saya yang sedang hamil. Saya memilih untuk tiduran dan nonton Fox di Hotel sampai sore hari jam 5. Sesampainya para kesayangan di hotel (minus adik saya yang langsung pulang ke Tano Jawa untuk persiapan hajatan besoknya), saya kembali jadi mama gembel yang mesti nyuapin anak, nemenin anak berenang (lagi), memandikan anak, dan nyuapin anak (lagi). Malam harinya kami iseng ngemil ke belakan hotel, ke samping kolam renang. Suasananya enak, ramai, tapi tidak rusuh. Kami hanya memesan roti bakar, ayam bakar, dan cappucino. Ini namanya family dating kali ya hahahaa..


3. Hari ketiga, diawali dengan sarapan dan berenang (lagi). Anak saya ngotot berenang pagi dan sore, alias dua kali sehari selama di sini. Yasudahlah, kata-kata sakti berulang kali muncul saat nyuapin anak "Ayo Bang, makan yang cepat, supaya kita bisa berenang habis makan". Ampuh... Dia makan dengan cepat. Mama senang.

Siang harinya, kami mesti checkout untuk memulai perjalanan ke Tano Jawa (kurang lebih Parapat-Tano Jawa 1 jam lebih sedikit), untuk menghadiri acara ucapan syukur adik saya yang telah selesai menjalani masa calon pendeta, dan menjadi pendeta. Acara dilangsungkan di rumah almarhum Opung saya. Sebentar saja, tidak lama. Ditengah perjalanan kami sempatkan ziarah ke makam opung saya Sore hari sekitar jam 5.20 sore, kami melanjutkan perjalanan kami sampai ke Medan sekitar jam 10.30 malam. Di Medan ini, kami menginap di Hotel Aryaduta. Hotelnya bersih, namun untuk sarapan dan staffnya menurut saya standar.  Kolam renangnya bersih dan bagus, yang dibuktikan dengan betahnya anak saya berenang disana keesokan paginya (bernang teyus, kata si abang heheheee).

Gambar Kolam Renang Aryaduta Medan




















Di Medan ini, hari keempat di Sumatera Utara, kami mencari oleh-oleh, yang sayangnya tidak begitu puas, karena tempat oleh-oleh yang kami tuju (Nelayan Pancake), belum buka dikarenakan selama bulan puasa baru buka sore hari. Hiks... Akhirnya kami hanya membeli oleh-oleh Bolu Meranti dan Teri Medan saja. Lalu kami langsung menuju bandara untuk pulang kembali ke Jakarta. Pesawat yang kami tumpangi berangkat sekitar pukul 19.20. Sesampainya kami di rumah jam 22.00, kami hanya sempat membuka oleh-oleh, memasukkannya ke kulkas selagi saya mengganti baju tidur anak saya dan mencuci muka untuk istirahat malam.

Demikian cerita liburan saya yang sangattt menyenangkan. Sampai bertemu di cerita liburan berikutnya ya...


No comments:

Post a Comment